12/14/2011

Kawasan Industri Jawa Timur - Mojokerto

Bupati Mojokerto, Mustafa Kemal Pasa mengatakan pihaknya tengah menyiapkan lokasi lahan di kawasan utara guna menyongsong selesainya proyek tol Surabaya-Mojokerto.

"Sengaja dipilih wilayah utara, karena ini berdasarkan permintaan pasar dan berdekatan dengan akses ruas tol Sumo [Surabaya-Mojokerto] yang akan segera selesai. Lahan yang disiapkan sebanyak 10.000 hektare," kata Mustofa seperti dikutip dari Siaran Pers yang diterima Bisnis, hari ini, (Rabu, 26/10).

Mustofa menyebutkan lokasi lahan itu tersebar di empat kecamatan yaitu Jetis, Gedeg, Kemlagi dan Dawar Blandong.

"Guna mendukung rencana pengembangan KI [kawasan industri] itu sejumlah ruas jalan menuju lokasi akan diperlebar dan diperkuat dengan konstruksi beton cor. Ini dilakukan agar dapat memudahkan akses serta memberi kekuatan konstruksi mengingat ruas jalan itu akan dilewati kendaraan pengangkut container [peti kemas]," ungkapnya.


Mustofa menerangkan agar kebijakan pengembangan KI itu bisa diterima, maka kini tengah dimulai proses sosialisasinya sehingga harapannya akan sebanyak mungkin melibatkan masyarakat.

"Proyek pengembangan KI ini akan segera direalisasikan dengan durasi pengerjaan selama lima tahun. Proyek ini akan dimaksimalkan untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi yang impact-nya akan meningkatkan kesejahteraan rakyat Mojokerto," tegasnya.

Disisi lain, Direktur Utama PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), Rudi Witjaksono mengungkapkan pihaknya pernah membicarakan rencana proses pengembangan wilayah Mojokerto Utara itu dan berharap BUMN itu bisa dipercaya untuk mengelola KI tersebut.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.